Pengertian Bandwidth Internet

Apa itu Bandwidth ?

Menjadi pelanggan internet, tentunya kita tidak akan asing dengan istilah bandwidth. Lalu apakah pengertian bandwidth itu sendiri, apakah banwidth berpengaruh terhadap speed download dan upload? Apakah bandwidth sama halnya dengan kecepatan internet?

Beberapa pertanyaan umum ini akan coba kami bahasa satu persatu.

Sebelum kami membahas mengenai apa itu bandwidth? Beberapa tentu sudah tahu apa itu bandwidth yang sebenarnya, namun banyak pula yang memiliki asumsi bahwa bandwidth itu sama halnya dengan kecepatan internet.

Tentunya bandwidth dan internet speed adalkah hal yang berbeda. Penejelasannya akan kami ulas di poin-poin dibawah ini.

Apa itu Bandwidth ?

Arti bandwidth jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah lebar pita. Pengertian bandwidth pada jaringan komputer ialah sinonim yang biasa dipakai untuk transfer data rate, yaitu jumlah data yang bisa dibawa pada satu titik menuju titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik) pada jaringan.

Satuan untuk mengukur bandwidth pada umumnya adalah Mbps (megabit per secon), bila bandwidth anda adalah 100Mbps, maka jumlah data maksimum yang bisa dilewatkan bisa mencapai 100Mbps dalam 1 detiknya.

Note: Bandwidth besar akan kurng maksimal bila kualitas infrastruktur dan konfigurasi jaringan tidak maksimal pula.

Bandwidth, secara mudah dapat kita analogikan seperti jalan raya yang dilewati oleh berbagai kendaraan. Bila jalan raya / jalan tol tersebut itu lebar maka kendaraan yang melewatinya akan mampu berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami kemacetan.

Namun bila jalan raya itu sempit, dan kendaraan yang melewatinya terlalu banyak, tentunya akan terjadi kemacetan pada jalanan tersebut.

Jadi dengan kata lain, semakin luas ukuran jalan raya, maka semakin lancar arus lalu lintas mobil karena semakin banyak mobil yang bisa lewat diatasnya. Begitu juga dengan bandwidth, semakin besar bandwidth, semakin besar volume data yang bisa lewat di saluran komunikasi tersebut.

Apa itu Bandwidth
via www.qilat.id

Lalu pertanyaannya? Apakah Bandwidth itu sama dengan kecepatan?

Jawabnnya adalah berbeda.

Ingat ya, bandwidth hanya menjadikan data yang lewat semakin lancar, bukan semakin cepat. Memangnya kalau jalanan makin besar, mobil anda jadi bisa secepat mobil Ferrari? Tentu Kan tidak, hehehe.

Tapi kemungkinan terjadinya macet lebih kecil ketika jalan itu besar. Sama juga dengan bandwidth, biarpun bandwidth makin besar, bukan berarti internet anda semakin cepat.

Bandwidth itu tidak sama dengan kecepatan, yang mana akan kita bahas lebih lanjut nanti di artikel ini. Karena bandwidth hanyalah lebar jalur / kapasitas untuk lewat data.

Akan tetapi bandwidth yang besar dapat mengoptimalkan data dikirim untuk mencapai kecepatan maksimumnya, berapapun itu.

Cara Kerja bandwidth :

Semakin besar bandwidth, semakin besar kemungkinan anda untuk mencapai kecepatan maksimal internet anda, karena lalu lintas akan jarang padat dan tidak macet.

Nah, kecepatan internet adalah seberapa cepat koneksi kita untuk melakukan transfer data. Analoginya ya kecepatan mobil itu sendiri. Kalau mobil anda Ferrari ya pasti lebih cepat dari mobil Kijang, tidak tergantung jalanan.

Lalu yang mempengaruhi kecepatan itu apa?

Pada mobil yang mepengaruhi kecepatan tentunya tergantung dari mesinnya, nah mesinnya dalam konteks bandwidth ini apa? Mesinnya adalah jenis jaringan yang digunakan atau ISP tempat anda berlangganan. Ini adalah faktor yang sesungguhnya menentukan seberapa cepat koneksi internet anda.

Faktor yang mempengaruhi kecepatan Internet

Kecepatan internet itu sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh sangat banyak faktor, dan bandwidth hanyalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet anda. Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kecepatan internet, diantaranya :

  • Bandwidth
  • Latency
  • Spesifikasi Infrastruktur Jaringan (Router, Model, Kabel)
  • Server Tujuan
  • Jenis Jaringan
  • Contention Ratio, Dll

Dan tentunya ISP tempat anda berlanggan sangat memepengarhi untuk kecepatan internet anda.

Bandwidth ada 2 macam

  • Yaitu bandwidth Digital dan Analog

Apa itu bandwidth digital dan analog? Dalam sebuah jaringan komputer bandwidth terbagi menjadi dua macam diantaranya bandwidth digital dan analog dan penjelasannya di bawah ini:

  • Bandwidth digital yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  • Bandwidth analog yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Kami juga akan membahas sedikit tentang bandwidth digital, dan tips memilih provider internet yang tepat untuk Anda.

Memahami Pengertian Bandwidth

Bandwidth digital adalah kapasitas yang menentukan seberapa banyak atau besar data digital yang dapat dilewatkan dalam saluran transmisi kabel atau nirkabel (wireless) dalam satuan waktu.

Karena yang lewat adalah informasi berbentuk digital, maka kapasitas ini diukur menggunakan satuan bit per satuan waktu, contohnya 10 Mbps (Megabit/detik).

Mungkin anda cukup Familiar dengan brosur para ISP ISP di Indonesia untuk menjelaskan speed internet yang mereka tawarkan.

Jadi kalau dibilang bandwidthnya adalah 10 Mbps, berarti dalam satu detik saluran tersebut dapat melewatkan data maksimum sampai 10 Megabit.

Sering jadi masalah adalah apabila internet anda tiba tiba lelet. Sebenarnya apa yang terjadi? Misalkan bandiwdth anda 10 Mbps, tapi tiba-tiba lelet serasa 1 Mbps. Ini bukan berarti bandwidth atau saluran yang anda gunakan berubah menjadi sempit.

Sebenarnya, saluran yang anda gunakan tetap sama, besarnya, kapasitasnya, tetap sama. Tapi porsi dari saluran tersebut yang anda bisa gunakan lebih kecil.

Ini karena ada pengguna lain yang menggunakan saluran yang sama, sehingga anda harus berbagi saluran. Istilahnya adalah contention ratio, yaitu istilah yang menggambarkan jumlah pelanggan yang berbagi satu pipa atau bandwidth.

HEXA Intermedia Technology

Kami menawarkan layanan internet dengan bandwith real, ada paket 1 Mbps, 2 Mbps dan 3 Mbps. Bandwidth real maksudnya bandwidth tersebut sepenuhnya milik Anda.

Meskipun bandwidth tidak terlalu besar, kami sangat memperhitungkan latency, delay dan througput untuk saluran kami. Sehingga anda akan berasa sangat nyaman berselancar di internet meskipun dengan bandwidth 1 Mbps.

ISP kami menggunakan teknologi wirelles dengan setelan prima oleh teknisi kami, backbone langsung dari data center Jakarta dengan jalur fiber.

Coverage Area 

  • Madiun Kota, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Madiun Kab, Hingga Wilayah Nganjuk.

Hubungi kami :

Alamat kantor :

  • Jl. Teratai 224, Klagen, Barat.
    Magetan. 63995

 

Post Comment