Internet

Apa Itu Hosting dan Domain?

Hosting

Hosting adalah suatu space atau ruang penyimpanan yang terhubung dengan internet untuk menyimpan data-data dari situs atau website kita. Banyak bentuknya, bisa berupa situ perusahaan, situ pemerintahan, situ personal atau blog pribadi dan juga sebuah website aplikasi yang bisa memberikan pelayaan kepada user.

Hosting ini merupakan sebuah server dan banyak sekali jenis implementasinya dan juga performanya, ada yang berupa shared hosting, VPS (virtual private server) dan juga dedicated server. Setiap situs atau website agar bisa diakses secara online oleh semua orang melalui internet harus disimpa dalam sebuah host atau server.

Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Selain dalam hal performa, hosting berbayar tertunya menawarkan fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Misalnyanya tersedianya fitur-fitur seperti: FTP, webmail, SSL, Mysql, control panel premium,  apps pendukung lainnya, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.

Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa mendaptkan akses yan lebih leluasa untuk fitur yang lebih, space dan dan bandwith yang terbatas, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

Domain

Domain adalah nama untuk situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama Janu, lalu masih banyak ada kemungkinan orang lain yang bernama Janu juga bukan. Tentu saja.

Jadi domain adalah identitas anda di Internet

Domain yang sifatnya unik ini merupakan pengalamatan situs anda, sebenarnya adalah sebuah IP address yang sudah ditransalasi menjadi name server agar mudah diingat.

Sedikit tentang teori domain. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan nomor ip. Nah sebenarnya itulah kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs. Contoh nomor ip di internet adalah 203.30.235.124. Itu hanya baru satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda.

Tentu akan lebih susah mengingat angka-angka dibandingkan sebuah nama yang terdiri dari huruf bukan. Maka dari itu dibuatlah fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang akan lebih mudah mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang.

Post Comment