Internet

Perbedaan Bandwidth dan Throughput

Bandwidth dan Throughput ? Untuk istilah bandwidth pasti sudah tidak asing lagi bagi anda yang berlangganan internet. Secara umum, throughput memang sedikit kurang populerbagi orang awan dibanding bandwidth.

Kali ini, kami akan membahas tentang pengertian dan juga perbedaan dari bandwidth dan throghtput, seerta faktor apa saja yang bisa mempengaruhinya.  Baiklah, simak ulasannya pada poin dibawah ini.

Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat dialirkan dari source ke destination dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun aliran data digital.

Secara umum untuk pelangan internet, informasi yang umu digunakna adalah jenis data digital. Satuan yang digunakan untuk bandwdth digital adalah bps (bit per second). Ini berarti jumlah bit yang dapat mengalir tiap detik melalui suatu media (kabel maupun nirkabel).

Bandwidth seperti diungkapkan di atas adalah kemampuan maksimum dari pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik. Sedangkan kecepatan, adalah jarak yang ditempuh dari suatu satuan waktu, misalnya dalam satu detik.

Pembahasan khusus seputar bandwidth dapat anda baca disini : Apa itu Bandwidth?

Konsep bandwidth ini tentu saja juga mempunyai kelemahan, bandwidth tidak dapat menghitung berdasarkan kondisi jaringan yang sebenarnya, karena bandwidth hanyalah lebar jalur yang tersedia untuk mengalirkan data dalam satuan waktu (bps).

Pengertian Throughtput

Throughput adalah bandwidth yang aktual atau sebenarnya, yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer data  dengan ukuran tertentu pula.

Lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini : 

Pengertian Bandwidth dan Throughput
Perbedaan Bandwidth dan Throughput. Via dosentekno.com

Dari gambar tersebut menjelaskan bahwa, warna hijau yang merupakan bandwidth adalah lebar jalurnya. Sedangkan garis merah yang merupakan throughput adalah kemampuan yang sebarnya yang mampu dibawa pada kondisi yang sebenarnya (aktual).

Bagaimana cara mengukur bandwidth? dan bagaimana hubungannya dengan throughput?

Bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dialirkan dalam satu detik. Berikut ini rumusnya:

bandwidth = Σbits / s

Seperti telah diulas di atas, bandwidth adalah lebar jalur untuk aliran data yang dapat dibawa dari A ke B dalam satuan detik sedangkan throughput berbeda walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth.

Throughput lebih menunjukkan kepada bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada waktu tertentu, pada kondisi dan jaringan internet tertentu, seperti saat digunakan untuk transfer data dengan ukuran tertentu.

Lebih jelasnya perhatikan kasus berikut :

Jika misalnya bandwidth internet anda yang anda ketahui adalah 64 kbps, kemudian anda ingin mendownload file di Internet berukuran 128 kb, seharusnya file tersebut sudah sampai ke komputer anda hanya dengan waktu 2 detik (128/64).

Akan tetapi  yang terjadi sebenarnya file yang anda download tiba dalam waktu 8 detik. Jadi bandwidth yang sebenarnya atau yang disebut throughtput adalah 128kb/8 detik = 16 kbps.

Berikut adalah formula pembanding throughput dengan bandwidth:

waktu _ download _ terbaik = ukuran _ file / bandwidth

waktu _ download _ typical = ukuran _ file / throughput

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth dan Throughput :

  • Piranti jaringan.
  • Tipe data yang ditransfer.
  • Topologi jaringan.
  • Banyaknya pengguna jaringan.
  • Spesifikasi komputer client/user.
  • Spesifikasi komputer server.
  • Induksi listrik dan cuaca.

Itulah pembahasan mengenai bandwidth dan throughput, semoga bermanfaat.

Post Comment