Security

Tips Menyimpan Password Anda Dengan Aman

Tips cara menyimpan password supaya aman | Password adalah data yang sangat penting yang harus kita simpan dengan sangat hati-hati. Seperti halnya kunci sifatnya sangat rahasia, jadi hanya kita saja yang berhak mengetahuinya.

Bila terdapat multi user dalam sebuah akun, cara terbaik adalah memberikan akses user dan password sesuai akses yang dikehendaki. Dan bila sifatnya single akun, hanya orang-orang terpercaya yang hanya bisa anda beritahu bukan.

Di era digital seperti sekarang ini banyak sekali sosial media dan aplikasi yang sudah menjadi kebutuhan dan sangat berhubungan erat dengan bagaimana kita menjalani proses hidup bersosial.

Seperti halnya facebook sebagai jaringan sosial dunia maya untuk berinteraksi satu sama lain, lalu muncullah instagram yang tampil berbeda yaitu sosial media untuk menampilkan album kita juga dipakai untuk berinteraksi satu sama lain.

Terlebih, saat ini pelayanan masyarakat seperti pembayaran pajak, layanan kesehatan, listrik dan juga jual beli online sudah merambah ke digital yang tentunya kita memiliki user dan password untuk menggunakan layanan tersebut.

Dari banyaknya akun tersebut, beberapa akun bisa memiliki username dan password yang berbeda, tentunya kita perlu mengamankan username akun beserta password kita supaya aman. Disini kami akan berbagi tips untuk anda bagaimana cara aman menyimpan password-password dari banyaknya akun yang kita miliki.

Cara paling aman adalah mengingat password kita dalam ingatan kita. Memang paling aman, akan tetapi ini bukalah pilihan yang tepat. Ingatan manusia terbatas, dan akan ada kemungkinan kita lupa, bila kita lupa tentunya akan sedikit merepotkan bukan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih cara yang tepat untuk anda pribadi dalam menyimpan dan mengamankan password akun anda. Berikut tips yang kami rekomendasikan.

Cara Pertama: Menuliskan Password Dalam Buku Catatan Pribadi dan Menyimpannya

Cara pertama ini memang cukup mudah untuk dilakukan, keuntungan untuk kita adalah lebih mudah untuk menemukan password yang telah kita catat dan simpan, namun cara ini juga cukup beresiko juga karena benda fisik akan mudah rusak dan kita bisa saja kehilangan password kita.

Selain itu, penyimpanan secara fisik juga mudah ditemukan oleh orang lain yang memiliki akses fisik ke rumah atau kantor kita, orang tersebut bisa saja menemukan dan membaca catatan kita maka hal ini bisa menjadi sebuah masalah yang serius.

Cara Kedua: Lebih aman jika di simpan dalam aplikasi Password Manager

Terdapat aplikasi untuk manajemen pasword yang ada di android seperti My Password / Password Manager, yaitu sebuah aplikasi untuk mencatat dan menyimpan semua password dari semua akun yang kita miliki. Kita cukup perlu memiliki akun dan password master untuk aplikasi tersebut untuk kita ingat-ingat.

Kelemahan dari cara ini adalah bila password master kita diketahui oleh orang lain, semua user akun dan password kita juga akan diketahui semua oleh orang lain. Bila perlu, anda bisa membuat pengamanan berlapis untuk password master anda ditempat yang aman seperti di note online seperti google keep.

Cara Ketiga: Lebih efektif dan Aman dengan menyimpan Password di Catatan Online seperti Google Keep

Cara yang mirip dengan ini  dan lebih efektif adalah dengan menyimpannya dalam sebuah note online seperti Google Keep atau di Google Spreadsheet yang disediakan oleh google. Saat kita akan mengakses Google Keep atau Spreadsheet, kita juga perlu untuk masuk ke akun google mail kita.

Tentunya saat ini email merupakan hal yang hampir dimiliki semua orang, karena semua registrasi akun dan informasi digital menggunakan email.

Tips Menulis Password yang Aman dan Mudah diingat.

Kita bisa menggunakan rumus untuk menuliskan password kita, seperti kita gunakan nama domain / nama sesuatu lalu diikuti dengan sebuah kode yang selalu anda ingat.

Pergunakan kombinasi huruf besar dan kecil, kombinasi angka dan juga karakter simbol untuk memperkuat kemanaan password kita dari para pencuri password digital dengan teknik-teknik khusus yang dipakai hacker.

Dan hindarilah menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan diri anda, misal nama orang pacar, tangal lahir secara utuh dan apa adanya. Anda bisa menuliskannya dengan nama seseuatu yang lain yang anda sukai namun jauh menggambarkan tentang anda agar sulit ditebak.

Itulah cara yang kami rekomendasikan untuk anda dalam menyimpan password-password anda. Semoga bisa membantu.

 

Post Comment